Senin, 01 April 2013

Cara menampilkan widget hanya pada halaman awal

Setiap kita menambahkan widget pada blog, maka secara default akan tampil pada bagian homepage (halaman awal) dan tampil juga pada bagian halaman posting lainnya. Untuk memilih widget yang hanya akan tampil pada halaman utama atau homepage saja, perlu penambahan kode perintah supaya widget tersebut hanya muncul pada halaman utama atau homepage.

Kode perintah tersebut harus kita sisipkan pada bagian widget yang kita ingin menampilkan pada halaman utama atau homepage,berikut.

  • Masuk ke akun blogger kemudian masuk menu Design - Edit HTML/Edit Template
  • Ceklist pada expand template widget
  • Sebelum melakukan penambahan didalam template, sebaiknya backup dulu template kalian, mendownload full template

Selanjutnya pilih widget yang akan kita munculkan pada bagian homepage saja, saya ambil contoh widget "Recent Comment" setelah ketemu sisipkan 2 baris kode sebagai perintah supaya hanya muncul pada halaman utama atau homepage saja.

Untuk jelasnya perhatikan baris kode widget recent comment, kode yang berwarna merah adalah kode untuk memunculkan widget supaya hanya muncul di homepage.

<b:widget id='HTML2' locked='false' title='recent comment' type='HTML'> <b:includable id='main'> <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> <!-- only display title if it's non-empty --> <b:if cond='data:title != ""'> <h2 class='title'><data:title/></h2> </b:if> <div class='widget-content'> <data:content/> </div> <b:include name='quickedit'/> </b:if> </b:includable> </b:widget>


Kemudian save template, sekarang widget hanya akan muncul pada halaman utama atau homepage, bila kita masuk ke salah satu halam post, widget tersebut tidak akan muncul.

Sumber: http://alfijadul.blogspot.com/2012/06/cara-menampilkan-widget-hanya-pada.html

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga , Salman Khan