Minggu, 30 September 2012

Cara menghapus file kembar / double di hardisk

Sering kali sobat menyimpan file seperti file foto atau gambar, dokumen dan program berulang kali di harddisk. Hal ini dikarenakan seringnya sobat lupa, apakah file-file tersebut sudah tersimpan di harddisk atau belum. Agar tidak kehilangan file-file tersebut maka sobat sering menyimpan pada folder yang berbeda didalam harddisk.

Jika volume harddisk kita berukuran besar, mungkin tidak masalah. Tapi lama kelamaan harddisk sobat akan penuh dan ini menjadi masalah. Sobat menganggap harddisk sdh penuh dan perlu harddisk baru.

Kini ada solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan program Alldub. Program ini bersifat portable, jadi tidak perlu install dan dapat di "Run" via flashdisk.

Program Alldub ini katagory nya Freeware (Gratis), dan dapat didownload Disini.

Adapun cara penggunaan program Alldub dapat saya jelaskan sebagai berikut:

  1. Extract program Alldub yang didownload dalam satu folder dengan menggunakan Winrar. Jika belum punya program winrar dapat download Disini.
  2. Jalankan file AllDupPortable.exe.
  3. Pilih / centang direktory harddisk sobat yang akan diperiksa file-file kembarnya. kemudian klik start Search. Alldub 1
  4. Jika harddisk sobat ada file kembar, maka akan muncul data-data file kembar di tampilan bawah windows program. Contoh : Alldub 2 Dari hasil pencarian dapat dilihat berapa banyak data kembar dan berapa besar data tersebut membuat penuh harddisk sobat.
  5. Sobat dapat secara manual memilih file yang akan dihapus, atau menggunakan pilihan di Menu Select. Alldub 3
  6. Demi keamanan data, pastikan Menu Option tetap pada default nya.Alldub 4
  7. Sobat pun mempunyai pilihan dalam menghapus data file kembar dengan menggunakan menu Search Result, klik File Manager, Alldub 5
  8. Jika sobat meragukan data file yang akan dihapus, sobat dapat menyimpannya di folder baru, agar sobat dapat memeriksanya terlebih dahulu. Pilih Opsi "Move files to a folder" pada File Manager
  9. Jika semua setting yang sobat buat sesuai dengan keinginan sobat, maka klik Remove.

Demikian ulasan saya, semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga , Salman Khan